kapan sebaiknya anak belajar membaca calistung

Usia Berapa Sebaiknya Anak Belajar Baca Tulis (Calistung)?

TANYA:

Saya seorang ibu mempunyai 1 orang anak usia 4 tahun. Saya baca beberapa tulisan, katanya anak usia 4 tahun sebaiknya tidak diajari baca-tulis-berhitung (calistung). Tapi ada yang berpendapat, mengajarkan anak membaca sejak kecil itu justru baik. Selain itu, nanti kalau dia hendak masuk TK, ada tes  membaca dan berhitung juga.  Misalnya saya mengikuti pendapat pertama, tidak mengajari anak membaca dulu, nanti dia tidak lolos tes masuk TK… . Jadi yang benar yang mana, diajari atau tidak? Mohon penjelasannya.

Tiwi

JAWAB:

Ibu Tiwi, saya bisa memahami situasi Ibu, karena calistung dan kemampuan baca tulis memang sedang menjadi sumber kekhawatiran banyak ibu. Sebenarnya tidak ada yang salah, kedua pendapat ada benarnya. Yang terpenting adalah anak belajar dalam kondisi yang senang. Situasi yang usia berapa-kapan sebaiknya anak belajar membaca calistungmenyenangkan ini yang mungkin lebih perlu Ibu fokuskan agar anak mempersepsikan bahwa kegiatan bermain sambil belajar calistung itu menyenangkan. Mungkin kata diajari lebih tepat diganti dengan ‘didampingi bermain edukatif’. Tantangannya adalah mengemas kegiatan di rumah bersama anak menjadi menarik, menyenangkan sekaligus bisa disisipi kegiatan calistung. Metode mengajarkan calistung pada anak usia 4 tahun adalah dengan bermain. Banyak jenis permainan yang sebenarnya bisa ‘disisipi’ aktivitas belajar calistung. Misalnya dengan bermain rumah-rumahan dan tiap bagian rumah ditempel tulisan. Atau menghitung botol-botol ketika main jualan jamu, misalnya.

Anak akan lebih senang jika belajar calistung saat ia sudah siap. Nah, tinggal bagaimana cara mengetahui apakah anak sudah siap atau belum. Jika anak sudah mampu berkomunikasi dengan baik, maka Ibu bisa menanyakan kegiatan apa yang ia senangi di sekolah? Dan apa yang tidak ia senangi dari kegiatan sekolah? Dari sini Ibu bisa mulai merancang bersama anak, kegiatan di rumah yang bisa dipadupadankan dengan calistung. Semoga kelak ia sudah siap ketika akan memasuki TK. Selamat mencoba, Bu.

kaos anak karakter murah edukatif lucu lembut - kaos anak moshiku - kaos anak muslim - kaos anak branded murahOh ya, kami merekomendasikan Kaos Anak Moshiku, kaos anak yang nyaman dipakai sekaligus bisa mengenalkan anak pada huruf dan binatang. Kaos Anak Moshiku produk resmi dari KonsultasiPsikologi.icbc-indonesia.org. Untuk melihat lebih jelas, klik gambar di samping (gambar kaos).

 

*Image CAT courtesy of © Noonie | Dreamstime Stock Photos & Stock Free Images