memilih jurusan kuliah di ugm-ui-itb-uns-unpad ipa-ips

Kuliah dan Masa Depan: Kuliah dimana, di Jurusan Apa?

Halo, adik-adik sayang yang sedang memikirkan pilihan jurusan kuliah…
Berikut ini ada 2 surel (email) dari kawan kalian Dina di Kediri, dan Anna dari Bandung.

  1. Saya lulus SMA tahun ini, saya sangat kebingungan memilih jurusan untuk kuliah. Salah satu guru privat saya menyarankan untuk mengambil teknik karena beliau menilai saya cocok di teknik. Namun mama saya mengharapkan saya untuk bisa masuk di Fakultas Kedokteran. Saya bingung harus memilih jurusan apa. Saat membaca materi kuliah Teknik Sipil saya sedikit ragu apakah saya nanti bisa menjalaninya, mohon bantuannya. Terima Kasih. (Dina, 18 tahun, pelajar, Kediri)
  2. Saya Anna, jujur saya bingung untuk memilih jurusan mana yang ingin saya raih, saya selalu berusaha pada setiap mata pelajaran untuk mendapatkan nilai yang terbaik. Kebingungan pertama, saya menyukai matematika, tetapi saya mendapatkan nilai yang tidak begitu baik saat ujian nasional, dan saya ragu pada diri sendiri apakah akan dapat kuliah dengan baik pada jurusan matematika. Kebingungan kedua, saya juga menyukai (minat) pada biologi dan kimia. Saya senang saat berada di laboratorium, tapi saya takut pada prospek pekerjaannya. Jadi bagaimana, ya? Terima kasih. (Anna, 17 tahun, pelajar, Bandung)

memilih jurusan kuliah di ugm-ui-itb-uns-unpad ipa-ips

Pilihan Jurusan Kuliah

Redaksi konsultasipsikologi.icbc-indonesia.org menerima banyak pertanyaan yang serupa dengan pertanyaan di atas, yang pada dasarnya menanyakan tentang bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat dan potensi diri. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang bagus dan penting. Dan karenanya, kami berusaha membahasnya dengan panjang lebar dalam dua artikel yang telah kami terbitkan sebelumnya. Coba yuk, kalian baca lagi di tautan berikut (klik judul):

  1. Bingung Setelah Lulus SMA Mau Kemana
  2. Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat ala Psikolog

Oh ya, ada baiknya juga dibaca dan dipraktekkan bersama teman-teman kalian. Barangkali kalian akan bisa saling memberi masukan satu sama lain. Kadang-kadang, kadang-kadang-kadang, nih ya…, orang lain bisa melihat sesuatu yang kita sendiri belum bisa melihat atau mengetahuinya.

Kalian mungkin ingin melihat juga ke tautan ini » Jurusan Kuliah untuk mengetahui aneka jurusan kuliah sebagai wacana berpikir sebelum menentukan pilihan jurusan.

Nah, sementara kalian membaca dan mencoba melakukan pemetaan potensi untuk menentukan jurusan kuliah, kami akan mengembangkan cara lain yang lebih praktis dan menarik. Silakan ditunggu ya… . Salam!

Redaksi

4 thoughts on “Kuliah dan Masa Depan: Kuliah dimana, di Jurusan Apa?

  1. hai , saya masih bingun mau kuliah apa , skrg saya sudah bekerja sebagai honorer . tp niat saya th depan kuliah , niatnya sih mau masuk ekonomi tp apakah berhubungan dengan pekerjaan saya yg ada sangkut pautnya mengenai instansi pemerintah .mohon pencerahan nya ,makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *