tips cara menciptakan energi positif dalam diri-psikologi

5 Cara Gampang Menciptakan Energi Positif Dalam Diri

Menciptakan Energi Positif dalam Diri • Kita seringkali menjadi terlalu diliputi nuansa negatif karena lingkungan sekitar kita yang negatif (di luar keinginan kita), atau justru sebenarnya kita sendiri yang menciptakan energi negatif tersebut. Coba kamu perhatikan apa saja hal yang menarik bagimu belakangan ini: bacaan macam apa, musik yang bagaimana, obrolan tentang apa, dan tontonan (film atau acara televisi) apa saja… .

Apakah film melodrama, berita kriminal, musik melankolis, atau kisah istri yang dikhianati? Atau sebetulnya kamu lebih suka pada film-film aksi kepahlawanan, lagu bernuansa up beat, biografi orang sukses, dan talkshow inspiratif? Atau mungkin paduan dari keduanya?

 tips cara menciptakan energi positif dalam diri-psikologi

Cara Gampang Menciptakan Energi Positif Dalam Diri

Salah satu langkah yang perlu dibangun agar kita dapat mengelola kecemasan berlebihan adalah mengkondisikan situasi dan lingkungan agar bernuansa positif dan optimis. Kamu dapat mencoba melakukan 5 cara KonsultasiPsikologi.icbc-indonesia.org untuk menciptakan energi positif dalam diri berikut ini:

1. Pilih bacaan, tontonan, dan musik yang bernuansa positif-optimis.

2. Taruh bunga, tanaman, atau barang kesukaan di kamar kamu.

3. Pada ruangan, beri aroma yang segar dan menyenangkan.

4. Lakukan lebih banyak aktivitas merawat diri dan menyayangi tubuh seperti melakukan hobi, berolahraga, meramu menu makanan bergizi, dan berinteraksi dengan orang-orang yang positif.

5. Buat tulisan penyemangat dan kata/kalimat bernada positif (afirmasi positif) untuk ditempelkan di tempat-tempat yang mudah kamu lihat setiap saat. Misal, di dekat cermin rias, di sampul buku catatan, wallpaper HP/Laptop, di pintu kamar, dan di dompet.

Contoh tulisan:

    • Tetap semangat!
    • Jangan menyerah!
    • Jika aku mau, pasti bisa.
    • Keberuntungan selalu bersama orang yang bersyukur dan mau berusaha.

Kamu bisa mencari kalimat-kalimat lain di buku, majalah, atau internet. Kamu juga bisa sekalian mencari tahu mengapa kata-kata afirmasi positif ini sangat perlu untuk mengubah diri menjadi lebih positif.

Selamat mencoba menciptakan energi positif dalam diri dengan cara-cara di atas. Semakin positif dirimu, semakin banyak energi positif dalam dirimu, kamu akan lebih kuat menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Semangat, ya!

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

2 thoughts on “5 Cara Gampang Menciptakan Energi Positif Dalam Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *