tips agar anak percaya diri - mau memperbaiki kesalahan

TIPS Anak Percaya Diri 5: Tidak Apa Sesekali Melakukan Kesalahan

Anak yang percaya diri, berani mengakui kesalahan.

tips agar anak percaya diri - mau memperbaiki kesalahanTunjukkan pada anak bahwa tak apa sesekali berbuat salah. Akui dan berikan contoh kesalahan yang (pernah) Anda buat.

Misalnya, Anda pernah merusakkan sepeda tetangga, ceritakan bagaimana perasaan Anda ketika itu, dan apa yang Anda lakukan untuk memperbaiki situasi itu.

Pernah melihat seorang anak menjatuhkan sendok ketika makan lalu memandang cemas pada orang tuanya? Anda bisa bayangkan, jika menjatuhkan sendok saja ia ketakutan setengah mati, apalagi jika ia melakukan kesalahan yang ‘agak berat’… . Jika seorang anak mudah merasa takut melakukan kesalahan, benaknya akan dikuasai oleh rasa pesimis sepanjang waktu. Dan ini adalah penghambat untuk kemajuan diri seseorang.

Yang lebih penting dari terlanjur terjadinya kesalahan adalah…, anak mengakui kesalahannya, anak menerima bahwa dirinya tidak (selalu) sempurna. Bahwa tidak semua hal ada dalam kendalinya (terkontrol), dan bahwa ia bisa berusaha memperbaikinya.

Jadi, kali lain anak Anda menjatuhkan sendok atau menumpahkan makanannya, alih-alih memarahi, Anda bisa memintanya untuk membersihkan tumpahan, mencuci sendok lalu menggunakannya untuk menyelesaikan kegiatan makan.

Gelas atau piring yang pecah, tidak lebih berharga dari kepercayaan diri anak Anda.

Ikuti seri-seri berikutnya dari Tips Anak PD: Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak. Jangan lupa, jangan paksa anak melakukan persis seperti yang Anda minta.
Klik LIKE/SUKA pada Fan Page Konsultasi Psikologi Online agar tidak ketinggalan.
Klik SHARE/PROMOSIKAN jika menurut Anda artikel kami akan bermanfaat bagi anak dan orang tua lain.

One thought on “TIPS Anak Percaya Diri 5: Tidak Apa Sesekali Melakukan Kesalahan

Comments are closed.