tips agar anak percaya diri 11-waktu lebih utk anak

TIPS Anak PD 11: Tidak Membawa Pulang Pekerjaan Kantor

Usahakan untuk tidak membawa pulang pekerjaan Anda. Buatlah batas imajiner yang memisahkan antara rumah dan wilayah kerja.

Mengapa Sebaiknya Tidak Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah?

Membawa pekerjaan kantor ke rumah berarti mengurangi porsi jam untuk anak dan keluarga. Membawa pekerjaan kantor ke rumah, biasanya membuat fokus perhatian Anda untuk anak dan keluarga terbagi. Pekerjaan kantor mempunyai bobot penyumbang stress yang tinggi. Jika Anda terpaksa membawa pulang pekerjaan karena harus segera diselesaikan, maka bobot tekanannya menjadi lebih tinggi lagi. Selain waktu bersama anak berkurang, Anda pun akan menjadi lebih mudah marah. Siapa yang paling rentan menjadi sasaran amarah Anda? Betul. Anak.

Seandainya Anda terpaksa membawa pekerjaan  ke rumah, ada baiknya dikerjakan setelah anak tidur. Dengan demikian, anak bisa menikmati waktunya bersama orang tua. Ketahuilah, anak sudah seharian menunggu-nunggu ayah ibu, ingin bercerita dan menunjukkan apa saja yang dilakukannya hari itu. Ia ingin menikmati haknya sebagai anak dengan cara yang menyenangkan.

Salah satu cara untuk berbagi fokus perhatian adalah dengan menetapkan garis imajiner, garis bayangan yang Anda buat sendiri, antara rumah dan tempat kerja. Misalnya, garis itu Anda buat di pagar rumah. Jadi ketika Anda keluar pagar rumah, pikiran Anda sudah boleh fokus untuk urusan pekerjaan. Sedang ketika Anda pulang dan melangkah masuk dari pintu pagar, tubuh dan pikiran Anda berfokus pada anak dan keluarga. Sehingga ketika bertegur sapa, mereka merasakan kehadiran Anda seutuhnya.

Apabila Ayah Ibu bekerja di rumah, garis batas imajiner ini juga bisa diterapkan. Garis imajiner bisa berupa waktu (misal, di atas jam 16.00 adalah waktu untuk keluarga), atau ruang (area kerja vs area keluarga).

tips agar anak percaya diri 11-waktu lebih utk anak

Ikuti seri berikutnya: Tips Anak PD: Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak. Jangan lupa, jangan paksa anak melakukan persis seperti yang Anda minta.
Klik LIKE/SUKA pada Fan Page Konsultasi Psikologi Online agar tidak ketinggalan.
Klik SHARE/PROMOSIKAN jika menurut Anda artikel kami akan bermanfaat bagi anak dan orang tua lain.