cara mudah agar percaya diri

Tetap Tidak Percaya Diri Meski Memiliki Banyak Kelebihan

TANYA:

Bagaimanakah caranya meningkatkan rasa percaya diri? Saya selama ini sebetulnya memiliki nilai baik di sekolah tapi saya merasa kurang yakin menunjukkan diri saya. Saya merasa seperti diperhatikan oleh semua orang ketika berjalan. Selain itu, kalau mau ikut organisasi, saya merasa malu bila harus memperkenalkan diri. Apa yang harus saya lakukan?

Anastasia (perempuan, 16 tahun)

JAWAB:

Hai, Anastasia. Sebelum menjawab pertanyaanmu, saya ingin mengapresiasi keberanian kamu untuk menulis di situs kami. Mengapa demikian? Karena kamu sudah melakukan satu langkah besar. Yaitu, kamu telah berani mengungkap kelemahanmu dan bergerak untuk memperbaiki diri. Ini artinya, kamu sudah mulai cukup percaya diri untuk mulai membuka diri. Selamat, ya… .

cara mudah agar percaya diri

Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara meningkatkan kepercayaan diri. Kamu sebetulnya sudah mulai mengenali kelebihanmu, misal memiliki nilai pelajaran yang baik.

Kamu juga dapat melihat hal negatif dalam diri. Namun tampaknya, kamu terlalu mudah melihat dirimu secara negatif sehingga kesulitan melihat atau menyatakan kelebihan-kelebihan yang kamu miliki. Nah, untuk membuatmu lebih percaya diri, mulailah dengan bersikap ‘adil’ terhadap diri sendiri. Berdirilah di depan kaca dengan membawa kertas dan pulpen. Lihatlah gambaran dirimu di kaca, lalu dengan jujur, tuliskanlah hal-hal baik yang kamu lihat dari dirimu di sebelah kiri kertas dan hal-hal buruk atau kekuranganmu di sebelah kanan kertas. Kalau sulit sekali menemukan kelebihan, ambillah nafas panjang beberapa kali, fokus, dan kembali pikirkan kebaikan-kebaikan yang telah kamu perbuat dan segeralah tulis tanpa menganalisis (memikirkan benar/salah) pikiranmu itu. Selanjutnya, mintalah orang-orang terdekatmu untuk melakukan menuliskan hal positif dan negatif tentang dirimu. Mintalah dari beberapa sumber sehingga hasilnya akan semakin objektif untukmu.

Nah, dari data-data tersebut, lihatlah dengan cermat, apa saja yang menjadi kelebihanmu dan apa kekuranganmu. Ambil kelebihanmu untuk dikembangkan sehingga kamu bisa tampil unggul karenanya. Selanjutnya, pada daftar kekuranganmu, pilihlah hal-hal apa saja yang masih mungkin kamu ubah. Sedang  untuk hal-hal yang kamu rasa sulit diperbaiki, simpan saja dan tutupi dengan kelebihan yang kamu miliki.

Dengan berbekal kelebihan-kelebihan itu, kamu bisa mulai bergabung dengan organisasi atau kelompok remaja yang menurutmu bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri dan menjadi pribadi unggul. Saat seseorang merasa yakin memiliki ‘modal’ (kelebihan-kelebihan), biasanya ia akan bisa dengan spontan/luwes melebur dan berbaur di suatu lingkungan. Bagaimana Anastasia? Selamat mencoba, ya. Hanya dengan bertindak dan menghadapinya, kamu akan dapat keluar dari bayang-bayang rasa kurang percaya diri. Semangat!!

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')