gejala termasuk gangguan psikologis apa-ocd-gad-depresi

Termasuk Gangguan Psikologis OCD?

TANYA:

Dear KonsultasiPsikologi.icbc-indonesia.org, pencuriga, memiliki keyakinan bahwa istrinya berselingkuh, mengunci rumah sampai dobel-dobel, istri dilarang keluar rumah tanpa suami, tidak percaya pada siapapun, mood (suasana hati) yang sulit ditebak, sulit berkomunikasi dan berkonsentrasi, cuek pada pekerjaan, sulit tertawa/bahagia karena sesuatu, laki-laki, 37 tahun. Itu termasuk gangguan psikologis atau gejala apa, OCD (Obsessive Compulsive Disorder), GAD, atau depresi? Thanks.

Nina

 gejala termasuk gangguan psikologis apa-ocd-gad-depresiGejala Ini Termasuk Gangguan Psikologis Apa?

 

Hai, Nina. Ciri-ciri yang kamu tuliskan merupakan karakter utama pada beberapa gangguan psikologis, termasuk OCD, GAD, depresi, gangguan mood (suasana hati), gangguan psikotik, dan juga skizofrenia. Meski demikian, menegakkan diagnosa atas gejala-gejala gangguan mental tidaklah semudah mencocokkan antara gejala yang terlihat dengan gejala yang tertulis. Selain itu, perlu diketahui seperti apa gejala gangguan itu terjadi, seberapa sering, dan seberapa kuat (intensitas) terjadinya, yang untuk mengetahuinya perlu pengamatan dan pemeriksaan mendalam dari seorang psikolog atau psikiater (dokter ahli kesehatan jiwa).

Apakah Nina mendalami ilmu psikologi atau psikiatri secara profesional, atau mendapatkan pengetahuan itu dari hasil membaca atau belajar secara otodidak? Jika Nina menemukan adanya gejala kasat mata seperti yang disampaikan di atas pada diri Nina atau orang terdekat, sebaiknya segera memeriksakan kepada psikolog atau psikiater terdekat, untuk memastikan termasuk gangguan psikologis apa, sekaligus untuk mendapat penanganan yang tepat. Jika dikehendaki, kami dapat membantu memberikan informasi tentang psikolog yang ada di sekitar wilayah domisili Nina. Salam hangat.

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

One thought on “Termasuk Gangguan Psikologis OCD?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *