depresi selalu berpikiran negatif

Selalu Dihantui Pikiran Negatif sehingga Mudah Cemas dan Takut

TANYA:

Selamat siang… . Saya seorang perempuan usia 30 tahun, anak bungsu dari 3 bersaudara. Saya bekerja di sebuah perusahaan swasta. Saya sangat menikmati pekerjaan saya. Tapi beberapa tahun ini saya mudah sekali merasa cemas. Setiap mau menyeberang jalan, saya takut tertabrak. Dalam pikiran saya, saya bisa ketabrak mobil lalu kegencet. Saya juga takut tiba-tiba terserang penyakit. Saya bahkan selalu ragu jika diajak teman jalan-jalan.

Pada usia 25 tahun, saya pernah menderita hypertiroid, tapi sudah dioperasi dan sembuh. Sekarang saya menderita maag kronis hingga terkadang sesak nafas dan muntah-muntah. Kalau malam kadang saya sesak nafas, dan saya takut, takut mati. Pikiran saya jadi macem-macem… . Sudah 5 bulan ini saya tidak nyaman dengan kondisi ini. Meski saya sudah banyak berdoa, masih saja dihantui oleh perasaan takut. Mohon bantuannya, Mbak, agar saya bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Terima kasih.

(Luna – Jakarta)

 

JAWAB:

Halo, Mbak Luna. Semoga saat ini Mbak Luna sedang dalam kondisi yang lebih baik. Saya dapat memahami kondisi yang Mbak Luna alami saat ini. Rasanya pasti sangat tidak nyaman. Namun demikian, pasti ada harapan dan hal yang dapat diupayakan depresi selalu berpikiran negatifuntuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Sebelum Mbak Luna membaca saran-saran di bawah ini, modal awal yang perlu Anda bangun dan jaga adalah  pikiran optimis. Optimis bahwa setiap masalah ada solusinya; setiap penyakit ada obat (pengobatan)nya; sama seperti pagi hari yang selalu hadir setelah malam beringsut.

Nah, berikut ada beberapa cara yang dapat Mbak Luna upayakan untuk membuat kondisi lebih baik.

Cek Dokter

Dari cerita Mbak Luna, ada gejala-gejala tidak nyaman pada tubuh yang sekarang sering kali dirasakan. Sepertinya, Mbak Luna masih terbanyang-bayang dengan pengalaman menderita hypertyroid 5 tahun yang lalu. Akan tetapi, apakah betul penyakit itu masih ada dalam tubuh Mbak Luna? Bila memang masih ada ‘sisa’ dari penyakit 5 tahun yang lalu, apakah benar tidak ada cara untuk menyembuhkan atau meminimalisir penyakit tersebut? Karena saya dan Mbak Luna tidak ahli dalam hal ini, maka sangat penting dan perlu berdiskusi dengan orang yang ahli agar kita memperoleh informasi yang benar dan tepat. Yap, tentu akan sangat membantu pikiran apabila Mbak Luna mulai dengan mengecek/memeriksa kondisi fisik untuk memastikan apakah yang Anda alami saat ini adalah efek-efek negatif atau ‘sisa-sisa’ sakit 5 tahun yang lalu, ataukah sebetulnya  pikiran yang berasal dari ketakutan dan kecemasan Mbak Luna semata…

Saatnya Menemui Profesional

Dari cerita yang dipaparkan, menurut saya saat ini Mbak Luna perlu …>> baca selengkapnya…

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

2 thoughts on “Selalu Dihantui Pikiran Negatif sehingga Mudah Cemas dan Takut

Comments are closed.