cara melupakan mantan pacar

Putus Pacaran, Tapi Masih Sayang. Lalu Bagaimana… .

TANYA:

Bagaimana ya caranya bisa move-on? Saya sudah tiga bulan ini putus dengan pacar saya. Kami satu sekolah tapi beda kelas. Mengapa rasanya susah sekali melupakan dia, padahal waktu itu saya yang memutuskannya. Adakah tips dan triks supaya saya bisa cepat melupakan mantan pacar? Karena rasanya tidak enak sekali sekarang.

Sisi (15 tahun)

 

JAWAB:

Hi Sisi yang sedang galau, memang pasti tidak nyaman sekali ya, sudah mengambil suatu keputusan tapi ternyata belum bisa membuat hati plong atau lega. Apa yang Sisi alami sekarang tentu tidak mudah. Hubungan yang dekat dan akrab selama ini tidak hanya menyangkut pikiran, tetapi juga perasaan. cara melupakan mantan pacarNah, biasanya kegalauan hati seperti yang dialami Sisi saat ini, terjadi karena belum selarasnya pikiran dengan apa yang dirasakan. Maksudnya, setelah dipikir-pikir akhirnya Sisi memutuskan mengakhiri hubungan, tetapi di sisi lain, sebetulnya perasaan sayang itu masih ada. Jadi secara logika Sisi sudah siap, namun perasaannya belum ingin lepas. Jadinya bertolak belakang, perumpamaannya seperti pikiran yang ingin ke kanan, tetapi perasaan ingin ke kiri, lha tubuh bergerak kemana?

Sebaiknya Sisi mengevaluasi diri kembali, apakah betul Sisi sudah tidak memiliki perasaan kepadanya? Dan pikirkan juga apakah ada hal atau masalah yang belum selesai? Sebaiknya, bicaralah dengan sang mantan, dan selesaikan masalahnya. Nah, untuk membuat diri tidak terjebak dalam kegalauan atas situasi ini, ada baiknya Sisi menyibukkan diri dalam kegiatan yang positif. Melalui aktivitas-aktivitas ini, pikiranmu tidak akan sering kosong. Sebagai aktivitas, Sisi dapat melakukan hobi, mengikuti kegiatan yang menyenangkan, membaca buku-buku yang disukai atau seri psikologi populer self help, menyibukkan diri dalam organisasi, maupun bercengkrama dengan teman-teman. Pilihlah aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan minatmu. Selain itu, sebaiknya Sisi tidak memaksa diri untuk segera melupakan sang mantan, karena semakin Sisi memaksa diri untuk segera melupakan, sebetulnya secara tidak sadar Sisi telah terus mengingat-ingat dan terus menghadirkan pikiran itu dalam benak Sisi. Jadi, untuk move on, ya mari berjalan. Lanjutkan kehidupan kamu. Seiring dengan teralihkannya perhatianmu terhadap berbagai aktivitas, proses move-on pun telah terjadi. Semangat, ya Sisi. Jalan di depan masih cerah dan indah, kok. Ciaoooooo… .

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

4 thoughts on “Putus Pacaran, Tapi Masih Sayang. Lalu Bagaimana… .

  1. Saya punya mantan satu sekolah dan kami beda kelas tapi waktu itu dia yang mutusin , sedangkan aku masih sayang sekali dengannya , tapi saya pingen move on tpi kita sering ketemu setiap hari

  2. Aku blum bs move on..bahkan aku blum bs menerima cowok lain…tp mantan aku udah lupain aku..tp aku blum ngelupain dia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *