pendiam-pemalu-sulit bergaul dengan teman

Agar Si Pendiam Tak Sulit Bergaul dengan Teman

TANYA:

Assalamualaikum. Saya mau konsultasi tentang permasalahan pribadi saya yang cenderung pendiam dan sulit bergaul dengan teman. Ketika berada di sekolah, saya bukan termasuk anak populer yang pintar bercakap-cakap, berceloteh, ngeyel, bercanda, dll. Ketika berada didalam perkumpulan/pergaulan, saya sangat pasif dan susah sekali mengawali pembicaraan apalagi berceloteh, bercanda, ngeyel dengan teman. Apakah ada hubungannya dengan masa lalu saya yang kelam atau ini sudah garis hidup saya sebagai anak remaja yang pendiam? Mohon bantuan dan solusinya. Terima kasih 🙂

Ravi, Jawa Barat
(pelajar, laki-laki, 17 tahun)

JAWAB:

Mengapa Saya Sulit Bergaul dengan Teman?
pendiam-pemalu-sulit bergaul dengan teman

Halo, Ravi, wa’alaikumsalam. Dalam menjalin hubungan atau suatu interaksi (termasuk pembicaraan) dengan orang lain, ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi. Yang pertama adalah faktor dari dalam diri, misalnya:

  • motivasi: apakah seseorang itu memiliki keinginan untuk memulai dan menjalin pertemanan;
  • apakah seseorang memiliki keberanian sehingga keinginan menjalin interaksi dapat terwujud;
  • kepercayaan diri
  • kemampuan, keterampilan berkomunikasi verbal atau lisan (berbicara)

Selain itu, ada juga pengaruh dari faktor-faktor yang berasal dari luar diri, misalnya:

Pengalaman hidup seseorang dapat pula menjadi suatu hal yang mempengaruhi proses komunikasi, tetapi tidak secara langsung. Bila mengambil contoh dari apa yang kamu alami, pengalaman yang kamu sebut buruk atau kelam, misalnya, mungkin telah mempengaruhi motivasimu dalam berhubungan dengan orang lain. Atau bisa jadi ini berkaitan dengan kepercayaan diri kamu yang belum cukup tinggi sehingga mewujud sebagai kesulitan dalam menjalin hubungan dan pembicaraan.

Akan tetapi kamu perlu juga tahu, ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa memang ada sebagian orang yang tidak terlalu mahir berkomunikasi dan berhubungan sosial, atau sulit bergaul dengan teman, tetapi mereka punya kelebihan dalam hal-hal lain. Temuan penelitian tersebut menggambarkan bahwa dalam kehidupan ini setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Dan justru karenanya manusia akan saling melengkapi antara satu dengan yang lain, bukan?

Ada orang-orang yang memiliki kelebihan dalam berkomunikasi secara lisan sehingga terlihat sangat mudah bergaul dengan teman-teman, mudah menciptakan humor dan banyolan. Ada orang-orang yang lebih dikaruniai kemampuan menulis sehingga lebih mudah menyampaikan pikirannya dalam bentuk tulisan, dan karenanya menghasilkan novel-novel menarik. Demikian pula, ada orang yang lebih pandai berkomunikasi dan menyampaikan ide dalam bentuk gambar (visual) seperti komik, karikatur, lukisan, dan lain sebagainya.

Ketika kita bicara tentang kemampuan bergaul atau berhubungan sosial, akan lebih penting bagimu untuk memiliki kemampuan dasar berkomunikasi, yakni tentang bagaimana berbicara, menyampaikan pikiran dan perasaan dengan tepat, dan tidak menyakiti orang lain. Keterampilan ini akan membantu kamu agar tidak terlalu sulit bergaul dengan teman dan lebih mudah terlibat dalam pembicaraan mereka. Kuncinya adalah terus berlatih. Alah bisa karena biasa, kan.. . Bahwa mungkin kamu tidak menjadi ‘Sang Bintang yang Populer’ dalam interaksi sosial, sepertinya tidak perlu dirisaukan karena kamu pasti memiliki kelebihan dibidang lain. Temukan kelebihan itu dan asahlah sehingga membuat kamu semakin bersinar. Tetap semangat, Ravi!!

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

4 thoughts on “Agar Si Pendiam Tak Sulit Bergaul dengan Teman

  1. salam, artikelnya menarik ..
    mau bertanya untuk masalah diatas sulit bergaul .
    sekarang saya liat di internet sudah banyak yang jual CD Terapi utk " Kaku/Sulit Bergaul (Flexible Personality), hanya dengan mendengarkan CD
    apakah Kasus seperti diatas bisa diatasi ??
    terimakasih

  2. salam, artikelnya menarik ..
    mau bertanya untuk masalah diatas sulit bergaul .
    sekarang saya liat di internet sudah banyak yang jual CD Terapi utk " Kaku/Sulit Bergaul (Flexible Personality), hanya dengan mendengarkan CD
    apakah Kasus seperti diatas bisa diatasi ??
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *