cara menghadapi pacar posesif dan suka mengancam

Pacar Super Posesif dan Suka Mengancam

TANYA:

Halo, Mbak. Saya seorang mahasiswa di Bandung. Saya punya pacar yang super posesif dan suka mengancam. Parahnya, semua ancaman dia selalu dibuktiin (dilakukan – red). Saya sebenarnya sudah nggak nyaman berhubungan dengan dia, tapi saya takut minta putus. Karena terakhir kali dia mengancam akan membongkar semua rahasia saya ke orang tua. Dia mengancam akan menghancurkan hubungan saya dengan teman-teman. Saya stress banget, nih Mbak. Apa yang harus saya lakukan? Melelahkan sekali menjalani hubungan dibawah tekanan. Rasa sayang saya sudah hilang, yang ada hanya rasa takut… .

Gita

JAWAB:

Halo, Gita… . Semoga kamu saat ini sudah lebih lega ya setelah akhirnya mencurahkan perasaanmu kepada kami. Hem… saya dapat merasakan lho kesesakan dan kelelahan yang sekarang kamu alami. Sebetulnya, kamu udah tahu harus berbuat apa, cara menghadapi pacar posesif dan suka mengancamcuma yang belum kamu punya adalah keberanian, betul demikian? Kamu menyatakan sendiri betapa sekarang kamu stress, lelah, dan rasa sayang sudah berganti dengan sekedar rasa takut, tapi apakah betul kamu akan membiarkan masa depanmu diikuti oleh kondisi tidak nyaman?

Nah, mari kita petakan apa yang membuatmu ragu atau tidak berani mengambil keputusan untuk menyudahi hubungan ini. Apakah karena takut rahasiamu terbongkar? Atau takut orang-orang disekitarmu disakiti? Bagaimana bila memulai dengan langkah bersikap terbuka dengan orang tua? Ceritakan dengan perlahan dan pada saat yang tepat kepada orang tua tentang bagaimana hubungan kalian, lalu ceritakan pula kesalahan atau rahasia-rahasiamu kepada mereka diikuti permintaan maaf. Saya yakin orang tua akan berada di posisimu dan mendukung keputusanmu.

Lalu, tentang teman-teman, saya rasa tidak semua temanmu akan mudah percaya dengan hasutan pacarmu itu? Dan pasti dari sekian temanmu, ada kok teman-teman yang betul-betul tulus. Di atas semuanya itu, yakin lah bahwa dia pun manusia biasa yang juga punya keterbatasan, jadi tidak semua ancamannya akan dapat berhasil dan membuahkan hasil sempurna. Ayo Gita, semangat! Masih panjang jalanmu dan pasti semua akan baik-baik saja… . Semangat yaaa… .

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')