mengapa anak cerewet jadi pendiam di sekolah?

Mengapa Anak menjadi Pendiam di Sekolah padahal di Rumah Aktif Berbicara (Senang Bercerita)?

TANYA:

Anak kedua saya, perempuan usia 7 tahun, sampai saat ini susah sekali untuk aktif berbicara di sekolah. Padahal, di rumah atau apabila bertemu keluarga dekat, ia sangat aktif berbicara bahkan lebih cerewet daripada kakaknya. Herannya, perilakunya sangat berbeda ketika berada di sekolah. Sejak playgroup, ia susah sekali untuk diminta bercerita atau berbicara saat di sekolah. Apa yang harus saya lakukan, ya Bu?

Ibu Rizky (32 tahun)

 

JAWAB:

Ibu Rizky yang baik, permasalahan anak ‘menolak’ berbicara di luar keluarga sangat jamak dijumpai di masyarakat kita. Tentunya ada hal-hal yang melatarbelakangi perilaku anak tersebut, terlebih mengapa anak cerewet jadi pendiam di sekolah?ketika sebetulnya anak memiliki kemampuan komunikasi yang sangat aktif, seperti putri Anda. Coba refleksi dan ingat kembali, apakah ada kejadian tertentu yang membuat putri Anda merasa cemas dan bahkan takut pada awal-awal sekolah? Adakah suatu pengalaman yang tidak menyenangkan bersama guru, teman, atau bahkan lingkungan sekolah yang membuatnya menunjukkan sikap penolakan dengan tidak mau berbicara?

Bila anak sebetulnya sangat suka bercerita, coba ajak anak bercerita dengan menggunakan media-media boneka mainannya untuk menggambarkan situasi di sekolahnya. Ibu dapat pula menggunakan proses menggambar bersama. Setelah Ibu menemukan permasalahan yang mendasar, motivasilah anak untuk aktif berbicara di sekolah. Bila perlu, sampaikan pula tawaran untuk mendampingi anak agar mulai aktif bicara di sekolah. Ibu dapat pula memberikan hadiah sebagai penguatan perilaku aktif bicara namun sebaiknya, hadiah adalah sesuatu yang mendidik dan tidak bersifat terlalu mewah karena dapat justru memberikan efek negatif lain.

Bila beberapa langkah tersebut ditolak anak atau dilakukan tetapi kurang berhasil, ada baiknya Ibu berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapatkan pemeriksaan lebih mendalam sehingga persoalan komunikasi ini dapat diatasi lebih dini. Ibu dapat menghubungi saya di konsul.psikologi@gmail.com untuk mendapatkan informasi mengenai psikolog di sekitar domisili Ibu. Selamat mencoba… .

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')