manfaat berkomunikasi dengan anak sejak dini

Manfaat Mengajak Anak Berbicara Sejak Dini

TANYA:

Betulkah anak perlu diajak komunikasi sejak bayi? Mengapa demikian?
Ibu Sari, 23 tahun

JAWAB:

Betul sekali, Ibu. Anak, semenjak dini, perlu mulai diajak berkomunikasi. Banyak studi membuktikan bahwa interaksi pada bayi yang dilakukan sejak dini merangsang banyak hal dalam proses pertumbuhannya. Diantaranya adalah merangsang perkembangan emosi anak, penglihatan, kepercayaan diri, kedekatan dengan orang/keluarga sekitar. Komunikasi juga membantu terpenuhinya rasa aman pada bayi.

Selain itu, anak yang terbiasa diajak komunikasi sejak dini akan semakin terlatih kemampuan interaksi sosialnya, baik verbal (lisan) maupun non verbal (bahasa tubuh). Anak juga akan lebih mudah beradaptasi terhadap orang-orang baru. Oleh karenanya, disarankan pada ibu dan juga ayah untuk mengajak bayi dan anak bicara sejak dini, secara intensif.

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

One thought on “Manfaat Mengajak Anak Berbicara Sejak Dini

Comments are closed.