lowongan pekerjaan terbaru

Lowongan Pekerjaan Mana yang Sebaiknya Kupilih?

TANYA:

Saya sudah satu tahun ini lulus S1. IPK saya cukup memuaskan dan saya memiliki pengalaman organisasi dan kerja part time cukup banyak. Saya tidak menemui kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang saat ini saya jalani, yakni di sebuah perusahaan sekuritas. Saya baru lima bulan bekerja di tempat saya bekerja saat ini. Beberapa minggu terakhir ini ada dua bank swasta ternama yang menghubungi saya dan meminta saya untuk bergabung bersama mereka. lowongan pekerjaan terbaru__rSatu bank meminta saya menjadi tenaga pemasaran dan satu bank lainnya meminta saya menempati satu posisi di bagian kredit. Tawaran gaji, bonus dan fasilitas lainnya sangat menggiurkan saya. Apa yang sebaiknya saya lakukan, ya?

Tika (perempuan, 24 tahun)

 

JAWAB:

Hai Tika. Wah, sepertinya kamu memiliki potensi yang memukau perusahaan-perusahaan itu! Hm…, sebelum mengambil keputusan, mari kita sedikit mundur, melihat kembali apa yang menjadi impian dan cita-citamu.

(1) Ambilah kertas dan coba tuliskan sejelas/sedetil mungkin jabatan, posisi, dan organisasi/perusahaan seperti apa yang menjadi impianmu. Lalu (2) tuliskan pula detil-detil pekerjaan impianmu itu untuk lima tahun, sepuluh tahun, lima belas tahun sampai dua puluh tahun ke depan. Nah, sekarang lihatlah rentetan mimpi karirmu tersebut. Pikirkanlah dan bayangkanlah harus seperti apakah langkah-langkah untuk mencapai impianmu itu.

Coba lihat apakah kepindahanmu dari perusahaan saat ini ke perusahaan yang lain (yang memberi tawaran menarik itu) merupakan jalan untuk mencapai impian kamu? Bila rasa dan pikiranmu mengatakan ‘Ya’ sesudah melakukan langkah-langkah tadi, silakan ambil keputusan itu. Namun apabila ada rasa mengganjal dan keraguan, lebih baik jangan ambil keputusan itu saat ini.

Silakan lakukan cara ini bila tujuan utamamu adalah mencapai karir yang sesuai impian. Namun, apabila ada kebutuhan jangka pendek, misal kebutuhan finansial, saya rasa sah-sah saja apabila kamu ingin berpindah pada perusahaan yang memberikan manfaat lebih baik. Tapi saran saya, pilihlah bidang yang sesuai dengan minatmu sehingga pekerjaanmu tetap akan menyenangkan. Oke, semoga saran ini bermanfaat 🙂

*image courtesy of Ariel da Silva Parreira

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

One thought on “Lowongan Pekerjaan Mana yang Sebaiknya Kupilih?

Comments are closed.