apa itu maksud-kecemasan adalah-psikologi

Kecemasan Adalah… Salah Satu Sumber Ketakpercayadirian

Halo! Kali ini, saya ingin mengajak pembaca untuk lebih memahami tentang kecemasan, terutama dari sudut pandang psikologi. Ini adalah sesuatu yang penting karena saya menerima banyak pertanyaan (persoalan) yang ternyata berkait atau bersumber pada kecemasan. Yuk, mari disimak bersama… .

Apa Itu Kecemasan?

Kecemasan adalah sebuah kondisi takut terhadap objek (sumber kecemasan) yang ‘tidak jelas’. Kecemasan sangat mirip dengan kekhawatiran, yakni merasa takut atau berpikir negatif (berpikir buruk) yang berlebihan atas sesuatu yang belum atau sebetulnya sudah terjadi.

Berbeda dengan (ke-)cemas(-an), kondisi takut atau ketakutan memiliki objek yang jelas, dapat dilihat dan ada secara nyata (konkret). Contohnya, takut pada ular. Contohnya begini, kamu dibilang takut pada ular ketika saat itu kamu benar-benar sedang melihat ular. Sedangkan, kamu dibilang cemas ketika kamu merasa ketakutan pada ular padahal saat itu tidak ada ular di hadapanmu. Mungkin kamu memang pernah melihat ular sebelumnya, atau hendak melihat ular (di kebun binatang), dan membayangkan (berpikir negatif) betapa bahayanya terkena gigitan atau bisa ular.

apa itu maksud-kecemasan adalah-psikologiJadi, kecemasan adalah… .

Kecemasan pada dasarnya dibutuhkan oleh setiap manusia karena dengan adanya kecemasan, manusia menjadi lebih terkelola. Dengan adanya rasa cemas, manusia seperti punya radar yang bisa mengenali adanya bahaya sehingga ia menjadi lebih waspada, lebih berhati-hati, tidak bersikap gegabah, dan terdorong untuk terus bersiap diri. Kecemasan akan menjadi sebuah tanda bahwa ada hal yang belum dikuasai, belum dipersiapkan, atau belum dimiliki, sehingga akan mendorong seseorang mengembangkan diri. Namun demikian, seorang manusia membutuhkan kecemasan hanya dalam porsi atau jumlah tertentu. Jika berlebih, atau justru kurang, maka akan menimbulkan persoalan baru.

Baca juga:
Bagaimana Cara Mengatasi Grogi Saat Tampil di Muka Umum?
Gangguan Kecemasan Sosial, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kecemasan berlebihan bisa membuat seseorang kurang percaya diri, enggan bergaul, sangat kaku, takut melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Porsi atau kadar kecemasan yang kurang, bisa membuat seseorang rentan terhadap bahaya karena ia bisa melakukan sesuatu dengan ceroboh, nekad, kurang memikirkan risiko perbuatan bagi diri dan orang lain. Ya, kecemasan adalah…, suatu kondisi yang bisa berarti positif dan negatif… .

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

3 thoughts on “Kecemasan Adalah… Salah Satu Sumber Ketakpercayadirian

  1. mas doni fahrezi saya disini salut dengan kejujuran anda fada calon isteri anda ,carilah wanita yang menerima anda apa adanya , jangan terlalu cemas kalo anda mau di jaman ini sudah sangat banyak sekali cara menyembuhkan alat peroduser anda,, dan jangan lpa selalu berdo'a kepada sang maha pencipta dan jangan mengeluh dgn apa yg telah di berikan oleh alloh tapi di sukuri dan di jaga dengan sebaik'' nya , percayalah alloh akan mengirimkan wanita yang lebih baik dan bisa menerima anda apa adanya, jangan lpa berdoa kepada sang maha pencipta ya itu alloh swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *