Ingin Si Dia Menyatakan Perasaan

love cintaTANYA:

Mbak, bagaimana ya cara mendorong seseorang yang (terlihat) menyukai kita, menyatakan perasaannya dengan jelas? Jadi begini, saya sedang dekat dengan seorang kakak kelas. Kami berteman dan aktif dalam organisasi sekolah yang sama. Tapi saya merasa beberapa bulan terakhir ini dia tampak lebih perhatian kepada saya. Dan ternyata hal ini juga diperhatikan teman-teman. Namun, sampai saat ini, dia tidak pernah mengungkapkannya secara langsung. Ini membuat saya serba sulit. Saya tidak ingin berharapan palsu. Belum lagi ada orang lain yang juga ingin mendekati saya. Saya bingung, harus bagaimana. Tolong saya, dong Mbak. Terima kasih.
(Sari, perempuan, 16 th)

 

JAWAB:

Sari yang sedang bimbang, sebelum melangkah lebih jauh untuk ‘mendorong’ seseorang tersebut memberi kejelasan, ada baiknya bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu: mengapa keinginan untuk tahu ‘status’ perasaan dia begitu penting. Apakah ini berkaitan dengan keinginan untuk segera memiliki pacar? Keinginan untuk bisa terlihat ‘lebih’ dari teman yang lain karena ada yang menyukai? Atau karena apa? Sebetulnya, bukan hal yang sulit untuk menjawab pertanyaanmu. Untuk tahu bagaimana sebetulnya perasaan dia, cukup bertanya langsung. Gampang! Namun, saya juga tahu pasti, untuk bertanya langsung tidak semudah itu, bukan? Sari mungkin memiliki kekhawatiran dalam hati kalau langsung bertanya. Seperti, perempuan sepertinya ‘nggak pantas’ untuk bertanya terlebih dulu. Atau kekhawatiran lain bahwa kalau bertanya langsung jangan-jangan dia justru akan menjauh.

Coba renungkan sejenak, bukankah dalam usia Sari sekarang, memiliki lebih banyak teman itu menyenangkan? Termasuk mendapat perhatian dari dia? Namun, apabila ternyata Sari juga merasakan adanya rasa …baca selengkapnya

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *