menderita tanda-tanda gangguan psikologis suasana hati

Apakah Saya Mengalami Gangguan Suasana Hati?

TANYA:

Salam KonsultasiPsikologi.icbc-indonesia.org. Kemarin saya menjelajah internet mengenai cyclothimia dan Borderline Personality Disorder (BPD). Tadinya saya kira saya mengidap cyclothimia. Tapi setelah tahu perbedaannya dengan BPD, sekarang saya rasa saya mengidap BPD. Saya sempat mencari tahu di internet, berupa tes-tes online untuk memastikan apakah saya mengidap BOD atau tidak. Semua tes yang saya coba hasilnya menunjukkan bahwa saya mengidap BPD. Saya tahu tes-tes online tidak selalu benar. Akan tetapi saya melakukannya hanya sebagai patokan saja.

Saya memiliki seorang teman, dia punya pengalaman masa lalu yang mirip sekali dengan saya. Dia sempat ke dokter dan diberi obat penenang. Sepertinya dia juga mengidap sindrom/gangguan yang berkaitan dengan pergantian mood (suasana hati). Pertanyaannya adalah, apa sebaiknya saya juga konsultasi ke dokter? Bagaimana saya harus memberi tahu orang tua? Mereka juga merasa emosi saya memang tidak stabil, tapi mereka nggak pernah berpikir untuk membawa saya ke dokter.

Pertanyaan lainnya, apakah insiden masa lalu berpengaruh terhadap diri saya sekarang? Sekarang saya berusia 13 tahun. Saya pernah alami pelecehan seksual lebih dari dua kali (saat masih kecil, dan 3 tahun yang lalu). Selama beberapa bulan terakhir, saya kecanduan self-harm (keinginan menyakiti/melukai diri sendiri) dan sekarang sedang berjuang untuk berhenti. Saya rasa keanehan saya sekarang ini adalah hobi ‘ngegalau’, kalau lagi ingin, saya langsung mengurung diri di kamar, mendengarkan lagu galau sambil menangis, kadang sampai rasanya ingin menyakiti diri sendiri. Saya tidak tahu mengapa… .

Terkadang, saya berlebihan dalam menanggapi hal tertentu. Misalnya, pada suatu hal yang menurut orang biasa saja, saya bisa menganggapnya sangat lucu hingga tertawa berlebihan. Saya tertawa terbahak-bahak, dan tidak tahu mengapa saya tidak bisa berhenti tertawa. Terima kasih.

Zita di Bogor

menderita tanda-tanda gangguan psikologis suasana hatiSaya mengalami gangguan suasana hati atau gangguan jiwa apa?

 

Halo, Zita. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab atau pendorong terjadinya gangguan dalam perilaku dan kepribadian (sehingga timbul gangguan jiwa). Di antara hal yang bisa menyebabkan gangguan jiwa adalah: faktor genetik atau keturunan (walau cenderung kecil), pengalaman masa lalu, kekurangmampuan seseorang mentoleransi tekanan dalam dirinya, dan kekurangmampuan seseorang dalam menyesuaikan diri terhadap situasi yang buruk.

Ciri-ciri suatu gangguan jiwa yang tertulis baik dalam buku panduan, buku teori perkuliahan, maupun pedoman diagnostik pada dasarnya merupakan alat bantu bagi profesi yang bersangkutan (baik psikolog klinis maupun psikiater/dokter ahli jiwa) untuk menegakkan suatu diagnosis. Namun demikian, untuk menetapkan apakah pengalaman dan perilaku seseorang merupakan tanda dari suatu gangguan tertentu, diperlukan pemeriksaan mendalam dengan prosedur keterampilan pemeriksaan tertentu. Nah, keterampilan pemeriksaan tersebut tidak terwakili oleh buku pedoman diagnostik maupun tes-tes gangguan yang ada di internet. Keterampilan atau keahlian memeriksa tersebut adalah suatu hal yang dilatihkan kepada seorang profesional. (Baca juga: Termasuk Gangguan Psikologis OCD?)

Oleh karenanya, jika dari tes mandiri maupun melalui pengamatan ciri-ciri gangguan pada diri sendiri mendapati hal-hal tersebut ternyata cenderung termasuk pada tanda-tanda gangguan tertentu (entah itu BPD atau Cyclothimia), maka sebaiknya menemuai psikolog atau psikiater. Biarkan mereka yang memastikan dugaan-dugaanmu sesuai keahlian mereka. Kami dapat membantumu untuk menemukan psikolog terdekat dari tempat tinggalmu (kirimkan nama daerah tinggalmu melalui email atau inbox Facebook kami).

Dengan menyadari adanya kondisi yang tidak nyaman dalam dirimu, kamu telah punya cukup alasan untuk memperbaiki dan menolong diri sendiri. Sekarang saatnya kamu menindaklanjuti nya dengan mencari metode pengelolaan diri yang tepat agar kamu tetap mampu menjalani hari-harimu dengan bahagia, efektif, dan optimal. Semoga penjelasan ini memberi kamu semangat untuk mengelola diri dan menjalani proses terapi lebih lanjut. Dan satu yang sangat penting kamu lakukan, mesti terus berpikir positif. Semangat, Zita!

2 thoughts on “Apakah Saya Mengalami Gangguan Suasana Hati?

  1. aku suka tidur di kelas , kata temen aku meski aku udah tidur waktu istirahat tetap aja bablas pas lagi di kelas . aku juga sering insom . dan aku suka banget nonton film di website tapi kenapa setiap di pertengahan film sebelum mencapai bagian klimaks film selalu nafsu film aku menghilang dan pingin ganti film lain , seakan gak mau melihat adegan klimaks masalah suatu filmnya . dari dulu selalu begitu kenapa yah ? tp kalo masalah insom dan tidur di kelas semenjak SMA kelas 2 . masalah saya soal film saya tidak tahu dari kapan tp sepertinya sudah dr dulu . saya mahasiswi kedokteran jadi masalah tidur di kelas itu cukup mengganggu saya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *