cara memilih jurusan kuliah yang benar

Bingung Setelah Lulus SMA Mau Kemana…

TANYA:

Nama saya Andre, usia 16 tahun. Saya ingin berkonsultasi. Sebentar lagi saya kelas 3 SMA, dan saya bingung nanti setelah lulus akan kemana. Saya tidak tahu bakat saya apa, bidang yang saya sukai itu apa. Dan semakin membingungkan, karena saya ingin kuliah di Universitas Diponegoro, tapi nilai saya pas-pasan. Apa yang harus saya lakukan?

Andre

 

JAWAB:

Hai Andre. Masih semangat kan…

Hm…, dari ceritamu saya menangkap ada dua poin utama yang muncul. Kita bahas satu per satu ya.

Pertama, adalah tentang bidang yang ingin ditekuni setelah lulus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan: melihat kembali (minat) apa saja yang kamu sukai, tuliskan. cara memilih jurusan kuliah yang benarApabila masih sulit atau ada banyak sekali minat yang kamu tuliskan, dan… masih bingung, bagaimana bila kamu berdiskusi dengan orang dewasa yang dirasa paham dan enak diajak bicara. Misalnya dengan guru BK, wali kelas, atau guru bidang studi yang nyaman diajak bicara. Dengan ibu atau ayah? Atau om atau kakak?

Hal lain yang juga dapat kamu lakukan diantaranya adalah pergi ke toko buku lalu lihat ke rak-rak buku berdasarkan bidang studi perkuliahan. Coba lihat buku-buku yang ada di sana dan coba bukalah sambil sedikit memperhatikan isi topik pembicaraan. Lalu rasakan reaksi tubuh dan pikiranmu ketika membaca sepintas isi buku-buku tersebut. Jika kamu  membaca dan merasa nyaman, cepat mengerti isinya, dan merasa sangat ingin membaca lagi dan lagi, atau ingin tahu lebih banyak, ini bisa dijadikan salah satu tanda bahwa bidang itulah yang kamu minati.

Namun, apabila ingin tahu lebih objektif dan jelas, akan sangat baik apabila Andre mengikuti tes minat bakat yang disertai dengan konseling karir kepada psikolog. Apabila sulit menemui psikolog di kotamu, silakan kirim email ke konsul.psikologi@gmail.com, saya akan membantu Andre berkontak dengan psikolog terdekat.

Poin kedua adalah usaha untuk dapat lulus dengan nilai baik dan dapat masuk ke UNDIP. Well, jawabannya sebenernya sangat klise. Jelas lah, kamu perlu belajar dan tekun berusaha. Tapi pasti ingin tahu harus belajar seperti bagaimana? Nah, penting untuk tahu cara belajar yang paling efektif ala kamu agar dapat mempermudah penguasaan materi-materi pelajaran. Pertama, coba kenali apakah kamu lebih cepat memahami atau menangkap isi materi belajar dengan (a) membaca, atau (b) mendengarkan penjelasan atau (c) menuliskan kembali pemahamanmu?

Dari tiga cara itu, gunakan cara yang paling membuatmu cepat menangkap sebagai metode belajarmu. Selanjutnya, buatlah agenda waktu belajar dan usahakanlah tepati agenda itu. Lalu apabila memiliki sumber daya lebih, maka ada baiknya kamu memanggil profesional guru atau mengikuti les. Dan yang paling penting adalah menetapkan motivasi untuk berusaha, ya. Dengan mampu menjaga motivasi diri untuk belajar maka proses belajar pasti akan lebih mudah kok. Namun selain itu, kamu perlu juga mengatur diri agar cukup memiliki waktu meluangkan pikiran dengan melakukan hobi. Dengan demikian pikiran kamu tidak mudah jenuh. Akan tetapi hal ini perlu diikuti dengan kontrol diri,, agar tidak terlalu terlarut dalam kegiatan penyaluran hobi.

Yang jelas, bila ada suatu hal di mana kita harus berusaha keras, pasti buah di balik itu juga istimewa kan… . Selamat berusaha dan jangan menyerah yaaa… .

 

Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')