Beratnya Kuliah di Jurusan yang Tidak Sesuai Minat

beratnya kuliah di jurusan yang tidak sesuai minatTANYA:

Beberapa hari terakhir ini aku semakin merasa malas untuk bangun dan bersiap kuliah. Tiap malam, sebelum tidur, aku merasa begitu berat ketika memikirkan bahwa besok pagi harus kembali berada di kampus dan mengikuti rutinitas belajar. Memang, jurusan yang aku ambil sekarang ini bukanlah jurusan yang kuinginkan. Sebetulnya aku ingin sekali masuk jurusan komunikasi tetapi orang tua memintaku memikirkannya lagi. Mereka ingin aku memilih jurusan yang lebih ‘jelas’. Selama ini sebenarnya orang tua cukup memberi kebebasan, hanya kali ini saja mereka berusaha mengarahkanku.

Setelah berpikir beberapa saat, aku merasa pemikiran mereka ada benarnya. Oleh karena itu kemudian aku mengambil jurusan farmasi. Tetapi sekarang aku merasa bahwa bukan bidang ini yang kuinginkan. Apa yang sebaiknya kulakukan ya, sementara sekarang aku sudah semester 5?

(Rosa, perempuan, 20 tahun)

JAWAB:

Hai, Rosa. Semoga saat ini kamu dalam kondisi yang lebih baik. Ya, berada pada situasi atau bidang yang tidak sesuai dengan keinginan atau minat pasti sangatlah tidak nyaman. Meski demikian, hal yang berkaitan dengan pilihan studi, bidang karir, atau dunia kerja, sangat perlu dipikirkan dengan kepala dingin, diikuti dengan kondisi emosi yang cenderung tenang. Apabila saat ini kamu masih dalam kondisi emosional, meledak-ledak, penuh kemarahan atau rasa jengkel, sebaiknya hindari dulu mengambil suatu keputusan. Gunakan energimu untuk menciptakan suasana yang nyaman bagimu, misal dengan melakukan kegiatan yang membuatmu merasa lebih bahagia. Sesudah kamu merasa lebih tenang dan terkontrol, mari lakukan beberapa hal ini untuk mencoba mengatasi situasi yang …baca selengkapnya

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

One thought on “Beratnya Kuliah di Jurusan yang Tidak Sesuai Minat

Comments are closed.