agar tidak grogi bicara di depan umum

Bagaimana Cara Mengatasi Grogi Saat Tampil di Muka Umum?

halaman 2/2

Mengembangkan Penilaian Positif pada Diri untuk Mengatasi Grogi

Nah, sesudah persiapan materi dilakukan, lanjutkan dengan persiapan mental. Periksa kembali, bagaimana penilaian dan pikiranmu terhadap dirimu sendiri? Lebih banyak nilai positifnya atau justru berisi pandangan-pandangan negatif? Sebaiknya lakukan secara tertulis daripada hanya dipikiran saja. Dengan menulis, kamu akan dapat melihat seberapa banyak nilai positif dan negatif terhadap dirimu. Coba lihat, lebih banyak yang mana… . Sering kali, penilaian diri yang cenderung negatif itulah yang menjadi awal dari semua persoalan: merasa tidak prima ketika tampil, membandingkan diri dengan yang lain, dan memandang rendah pada diri sendiri. Akhirnya, dampak pun muncul dalam perilaku, termasuk ketika harus tampil ‘di atas panggung’, atau di muka umum.

Jadi, berlatihlah menilai diri positif. Berdirilah di depan kaca, lihatlah dirimu dan temukanlah sebanyak mungkin hal baik dan positif dalam diri. Melihat diri di depan cermin sambil menghargai sisi positif diri dapat membangun kepercayaan diri dan penilaian positif lho.

Gunakan Kalimat Penguat Positif

Lalu, tingkatkan pula self-talk dan penguatan positif. Maksudnya, dalam hati, seringlah berikan kalimat-kalimat positif untuk menyemangati diri. Contohnya:

  • “Ayo, aku bisa!”,
  • “Aku dapat tampil dengan baik”,
  • “Semua pasti lancar”.

Hindari kata-kata penolakan (seperti: tidak, jangan) semacam, “Jangan sampai aku melakukan kesalahan”. Jika sempat terucap kalimat demikian, katakan “STOP!” Lalu katakan kalimat-kalimat positif.

Membayangkan Hal Positif

Terakhir, ketika akan tampil, ambil waktu beberapa menit sebelum tampil, pejamkan mata dan bayangkan kamu yang sedang tampil, dapat bicara tenang, lancar, dan materi presentasi tersampaikan dengan jelas. Lalu tarik nafas panjang sebelum memulai presentasimu. Oke Renas, selamat berlatih. Jangan lupa, semua membutuhkan proses. Jadi, grogi dan cemasmu akan semakin menurun seiring meningkatnya kesiapan mental dan materi. Oya, cara mengatasi grogi saat berbicara di depan umum yang dijabarkan di sini akan lebih efektif jika sering dipraktekkan. Baiklah, semoga sukses!

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

One thought on “Bagaimana Cara Mengatasi Grogi Saat Tampil di Muka Umum?

Comments are closed.