tips kalau dijauhi teman sekelas-sekolah

Apa yang Mesti Dilakukan Kalau Dijauhi Teman Sekelas?

TANYA:

Assalamu’alaikum. Saya mau cerita kalau dijauhi teman sekelas. Gini ya, kan sekarang saya kelas 11 SMA IPA, dan di kelas saya yang sekarang ini saya nggak betah. Soalnya orang-orangnya pada berkubu. Kalau misalnya ada sekelompok orang lagi ngobrol, terus saya samperin, dekati. Sikap orang-orangnya malah seperti nggak suka saya samperin. Terus kalau saya ngomong kadang direspon, kadang nggak direspon. Saya bingung, padahal perasaan saya nggak pernah berbuat hal yang salah ke mereka. Jadi saya agak kesel juga, rasanya ingin pindah kelas. Dan yang merasa seperti ini bukan saya aja. Ada beberapa teman saya di kelas yang juga merasakan hal yang sama seperti saya. Nah saya bingung, saya harus bersikap bagaimana, agar anak-anak di kelas kalo saya dekati, nggak pada cuek begitu. Terima kasih sebelumnya.

Diana- Bandung (Pelajar SMA, 16 tahun)

JAWAB:

tips kalau dijauhi teman sekelas-sekolah

Kalau Dijauhi Teman Sekelas, Temukan Sebabnya, dan Bertindaklah!

Hai Diana! Berada pada lingkungan sosial yang para anggotanya ‘pemilih’ dan bernuansa negatif pastinya tidak menyenangkan, ya. Apalagi lingkungan tersebut ditemui setiap hari. Padahal, kamu juga tidak bisa menghindari situasi tersebut juga, kan.

Dalam berinteraksi dan bergaul dengan orang lain (termasuk suatu kelompok), ada dua komponen penting yang saling berpengaruh, yakni kita (saya) dan orang lain yang berkontak dengan kita (saya). Nah, ketika ada situasi tidak menyenangkan dalam suatu hubungan, perlu diketahui terlebih dahulu sumber penyebabnya, apakah bersumber dari pihak kita (saya) atau dari pihak orang lain (dia atau mereka). Situasi akan semakin sulit apabila ternyata sumber penyebab adalah pihak dia atau mereka, sedang mereka pun enggan berubah atau tidak mau diberi masukan. Bila ini terjadi, maka interaksi yang lebih nyaman akan sulit terwujud.

Dalam situasi yang kamu gambarkan saat ini, tampaknya kamu pun belum menemukan dengan jelas sumber penyebab kamu dijauhi teman sekelas, apakah berasal dari dirimu atau dari teman-teman (mereka). Bila memang kamu merasa kondisi ini perlu segera diubah dan diatasi, kamu dapat memulainya dengan melakukan introspeksi pada diri sendiri untuk memastikan adakah sumber persoalan yang berasal darimu. Lakukan evaluasi diri apakah ada perbuatan atau kata-kata yang menjadi penyebab kamu kurang diterima. Proses introspeksi/evaluasi akan semakin terbantu bila dilengkapi pula dengan pendapat dari beberapa teman disekitar yang bersedia memberimu masukan. Proses introspeksi tersebut perlu pula dilakukan secara tertulis, sehingga opini, pendapat, dan temuanmu tidak hanya ruwet dikepala yang dapat membuatmu merasa bingung atau semakin tidak jelas. Selanjutnya, kamu juga perlu melakukan evaluasi kembali tentang hubunganmu dengan orang-orang atau kelompok yang kamu sebut ‘tidak bersahabat’ itu. Apakah ada kejadian yang merusak interaksi kalian? (Baca juga: Tetap Tidak Percaya Diri Walaupun Punya Kelebihan)

Nah, dari melakukan introspeksi dan evaluasi tersebut biasanya dapat lebih terlihat jelas atau lebih teraba apakah yang sebetulnya menjadi sebab dari dijauhi teman sekelas. Namun, apabila kamu merasa tidak ada sesuatu yang salah dengan dirimu dan kamu merasa waktumu terlalu berharga untuk mengurusi persoalan hubungan ini, sedang disisi lain kamu ingin tetap merasa nyaman berada di kelas setiap hari, kamu bisa melakukan langkah berikut ini. Buatlah daftar hal-hal positif yang dapat kamu lakukan agar pikiranmu fokus pada hal-hal atau kegiatan yang bisa menambah nilai dirimu? Alih-alih sibuk memikirkan mengapa kamu tidak diterima atau dijauhi teman-teman sekelas itu, memikirkan apa yang salah dari dirimu dimata mereka, dan semacamnya, sepertinya akan jauh lebih bermanfaat jika kamu fokus pada hal-hal positif yang akan mengembangkan dirimu.

Saat ini mungkin kamu sedang dijauhi teman sekelas, tapi…, ketika kamu mengasah dan mengembangkan diri ke arah yang lebih positif, dengan sendirinya orang-orang di sekitarmu akan memiliki keinginan berinteraksi denganmu. Jadi, silakan memilih mana yang menurutmu terbaik saat ini ya. Keep on going, girl!

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

4 thoughts on “Apa yang Mesti Dilakukan Kalau Dijauhi Teman Sekelas?

  1. saya jga merasakan apa yg dirasaka oleh mbk diana. malah saya disindir sindir setiap hari dikatakan mcam .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *