Apa yang Dipelajari Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

Sebagai informasi tambahan, karena saya adalah alumni psikologi, saya dapat membantumemberi gambaran secara umum tentang apa saja yang dipelajari di fakultas psikologi. Psikologi adalah ilmu tentang perilaku manusia. Objek studi psikologi tentunya berkait dengan hal-hal perilaku manusia baik yang tampak (state) maupun yang tidak tampak (inner). Untuk memahami perilaku manusia tersebut maka dibutuhkan pula pengetahuan dalam hal sistem syaraf manusia (secara umum, dalam kajian ilmu faal atau biopsikologi), konsep-konsep sistem (misalnya: sistem keluarga, sistem sosial masyarakat, sistem pendidikan, dan sebagainya), cabang-cabang ilmu sosial yang terkait, serta bagaimana melakukan pendalaman dan penelitian untuk perilaku manusia, disamping pula kekhasan psikologi dalam menera (melakukan pemeriksaan) dan memberikan tindakan/perlakuan (treatment) psikologi.

Lulusan psikologi bisa bekerja dibermacam-macam area kerja. Beberapa contohnya, memberikan terapi atau konsultasi kesehatan psikologis di puskesmas/rumah sakit, mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (dulu di kantor atau perusahaan sering disebut personalia), menyeleksi karyawan, merancang kurikulum pembelajaran (dunia pendidikan), merancang strategi komunikasi (bidang pemasaran). Ini hanya sedikit gambaran. Oya, perlu juga kamu pahami bahwa kita bersekolah/kuliah utamanya adalah mempelajari ilmu, bukan untuk mencari ijazah sebagai modal mencari kerja yaa… . Ketika kamu menguasai ilmu tertentu, kamu pasti bisa mengambil dan menciptakan manfaat darinya. Pendeknya, bisa menjadi jalan nafkahmu 🙂

Semoga jawaban dan penjelasan umum tentang fakultas psikologi ini membantumu dalam menentukan pilihan karir yang semakin berpacu dengan waktu, ya… . Tetap semangat mencari informasi, mencari kesesuaian dengan keinginan karir, serta berjuang untuk meraihnya ya. Sukses selalu!

Comments

comments

advertisement

8 thoughts on “Apa yang Dipelajari Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

  1. Mba, aku mau tanya.. Kira-kira apa saja yang dipelajari dalam fakultas Psikologi? Bagaimana cara belajarnya dan yang menjadi standar kelulusannya. Aku sekarang kuliah di fakultas Ekonomi semester 1 dan baru menyadari bahwa aku minat dalam bidang Psikologi. Mhn bantuan

  2. ka saya mau tanya. Saya kan baru saja naik kelas 3 SMA jurusan ipa dan saya sudah memikirkan jurusan untuk kuliah saya nanti. Dai dulu memang saya ingin sekali mengambil jurusan psikologi karena menurut saya psikolog itu menyenangkan. Oia ka kira-kira jurusan ipa seperti saya ini cocok ga untuk jadi psikolog? Dan apa saja yang harus dimampukan untuk masuk kedalam jurusan psikolog?? Trima kasih tolong dibalas ka.

  3. Maaf ka, pelajaran apa saja yang jadi syarat untuk melanjutkan ke jurusan psikologi. Saya masih SMA jurusan IPA dan saya minat di jurusan ini. Apakah saya bisa masuk psikolog dan apa saja yg harus saya pelajari pelajaran apa untuk test nya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.