memilih kuliah jurusan psikologi-apa yang dipelajari

Apa yang Dipelajari Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

TANYA:

Saya kelas XII IPA, saya bingung cara memilih jurusan (baca juga: Bingung setelah Lulus SMA) yang akan saya pilih untuk masuk universitas. Sementara, pendaftaran SNMPTN sudah di buka. Pelajaran yang saya suka adalah fisika. Tapi saya juga ingin mendaftar di jurusan psikologi sebagai pilihan kedua. Jika saya masuk jurusan psikologi, saya tidak tahu psikologi itu seperti apa dan bagaimana setelah lulus kuliah. Mohon bantuannya, ya 😉

Anin-Jawa Barat
(pelajar, 16 tahun)

 

JAWAB:

Hai Anin di Jawa Barat yang sedang bimbang… .

Mengambil keputusan yang akan sangat menentukan masa depan memang sangat menimbulkan gejolak emosional dalam diri kita. Sering kali pula, semakin mendekati hari penentuan biasanya juga sering menimbulkan keraguan daripada keyakinan. Namun demikian, kamu terlihat telah mulai dapat mengenali bidang yang menjadi minat utamamu. Ini merupakan langkah awal yang sangat baik.

memilih kuliah jurusan psikologi-apa yang dipelajariMampu menyadari bidang minat yang disukai akan sangat membantu dalam memutuskan pilihan jurusan atau karir yang akan ditekuni. Persoalan yang saya lihat menjadi sumber kegelisahanmu saat ini adalah apakah bidang fisika yang kamu sukai sejalan dengan jurusan kuliah yang kamu inginkan (atau yang nantinya mungkin menerimamu), yakni psikologi… .

Memang untuk menjawabnya, kamu perlu tahu seluk beluk dan apa saja yang akan dipelajari di fakultas psikologi. Informasi tersebut dapat kamu peroleh dari beberapa sumber, misalnya dari guru BK (Bimbingan Karir) karena biasanya guru BK memiliki informasi dari universitas berupa buku penjelasan fakultas yang diberikan oleh pihak universitas. Selain itu, kamu dapat pula mencari informasi dari internet karena saat ini semua fakultas telah memiliki portal resmi masing-masing. Dalam portal tersebut biasanya digambarkan apa saja yang dilakukan, jadwal-jadwal perkuliahan bahkan ada pula kontak yang dapat dihubungi sehingga  kamu pun bisa bertanya langsung via email.

Cara lain yang juga sangat efektif adalah dengan bertanya pada mahasiswa yang berasal dari jurusan tersebut. Apabila kamu tidak memiliki teman atau kenalan yang kuliah di psikologi, kamu juga dapat bertanya kepada guru BK tentang kakak kelas yang melanjutkan studi di fakultas tersebut beserta nomor kontaknya. Dengan demikian, maka kamu akan dapat menghubungi seseorang yang telah mengenyam pendidikan di fakultas tersebut.

Sebagai informasi tambahan, karena saya adalah alumni psikologi, saya dapat membantu »lanjutkan membaca«

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

8 thoughts on “Apa yang Dipelajari Jurusan Psikologi dan Bagaimana Prospek Kerjanya?

  1. Mba, aku mau tanya.. Kira-kira apa saja yang dipelajari dalam fakultas Psikologi? Bagaimana cara belajarnya dan yang menjadi standar kelulusannya. Aku sekarang kuliah di fakultas Ekonomi semester 1 dan baru menyadari bahwa aku minat dalam bidang Psikologi. Mhn bantuan

  2. ka saya mau tanya. Saya kan baru saja naik kelas 3 SMA jurusan ipa dan saya sudah memikirkan jurusan untuk kuliah saya nanti. Dai dulu memang saya ingin sekali mengambil jurusan psikologi karena menurut saya psikolog itu menyenangkan. Oia ka kira-kira jurusan ipa seperti saya ini cocok ga untuk jadi psikolog? Dan apa saja yang harus dimampukan untuk masuk kedalam jurusan psikolog?? Trima kasih tolong dibalas ka.

  3. Maaf ka, pelajaran apa saja yang jadi syarat untuk melanjutkan ke jurusan psikologi. Saya masih SMA jurusan IPA dan saya minat di jurusan ini. Apakah saya bisa masuk psikolog dan apa saja yg harus saya pelajari pelajaran apa untuk test nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *