anak tidak konsentrasi di sekolah

Anak Tidak Konsentrasi di Kelas

TANYA:

Ibu, anak saya, Desy, usianya sekarang 3 tahun. Sekarang ini ia semangat sekali kalau berangkat sekolah di sebuah Play Group dekat rumah. Namun kata gurunya, Desy kalau di kelas kurang bisa konsentrasi dan memperhatikan gurunya. Misalnya jika diminta gurunya melakukan sesuatu ia malah tidak mau dan sibuk main sendiri. Bagaimana caranya agar ia mau mengikuti kegiatan atau permintaan gurunya di sekolah, ya Bu? Terima kasih.

Ibu Sari – Bantul

 

JAWAB:

anak tidak konsentrasi di sekolah

Agar Anak Aktif dan Konsentrasi di Kelas

Bu Sari, bagi Desy yang berumur 3 tahun, penyebab ia kurang konsentrasi di kelas bisa dikarenakan banyak hal. Namun Ibu bisa memulainya di rumah dengan mengamati kebiasaan anak di rumah. Apakah sejak bayi ia biasa diajak berkomunikasi, dan ketika mulai bertambah usianya sudah dibiasakan untuk memperhatikan apa yang diucapkan orangtuanya? Begitu pula Anda sebagai ibu apakah senantiasa membiasakan memperhatikan apa yang diucapkan atau disampaikan oleh anak? Apakah anak sudah dibiasakan untuk memusatkan perhatian pada apa yang Ayah atau Ibu minta atau ucapkan?

Nah, pembiasaan-pembiasaan seperti itu merupakan dasar dan pijakan kemampuan anak untuk mendengarkan, memperhatikan, dan menanggapi pesan-pesan ataupun perintah yang diberikan orang lain, misalnya guru. Selain itu, ia juga belajar untuk mengatur diri agar mampu menanggapi apa yang dikemukakan orang lain, serta mengikuti peraturan yang ada di lingkungannya kelak.

Mulai sekarang mungkin Desy bisa terus dibiasakan untuk berkomunikasi dan memperhatikan permintaan orang lain. Libatkan ayah, atau dengan siapa ia tinggal di rumah, untuk melakukan hal yang sama. Apapun kegiatan anak, bermain, dibacakan buku atau ketika jalan-jalan sekalipun bisa digunakan sebagai ajang untuk melatih keterampilannya berkomunikasi. Dengan begitu, diharapkan anak akan terbiasa berkomunikasi dengan baik di kelasnya.