anak balita ngeyel suka membantah

Anak Batita Suka Ngeyel, Senang Membantah

anak balita ngeyel suka membantahTANYA:

Bu, anak saya usianya 2 tahun. Dia punya adik usia 7 bulan. Begini, kok dia itu masih suka ngeyel banget ya? Susah sekali dibilangin (diberitahu). Belum bisa diberi pengarahan, dan kalau dikasih tahu dia akan lari-lari. Apakah memang anak seusia dia begitu semua?

Ibu Ika – Bantul

 

JAWAB:

Salam Ibu Ika. Memang dengan situasi seperti yang Ibu hadapi, kiranya cukup merepotkan bagi ibu yang mempunyai dua anak dengan rentang usia yang tidak terpaut jauh. Anak usia toddler atau batita (18 bulan sampai 36 bulan) memang masih sulit mengendalikan diri, hal ini karena otaknya masih dalam masa perkembangan. Di usia ini ia belum bisa optimal dalam mengenali apa yang boleh dan tidak boleh, dan apa akibatnya jika ia melakukan sesuatu, konsekuensi dari perbuatannya.

Anak yang dianggap ngeyel bisa jadi karena sedang ingin mengeksplorasi dunia sekitarnya. Dia sedang mengembangkan semua inderanya untuk digunakan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berarti. Hanya saja memang terkadang ada yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan ibu. Jadilah si kecil sering ngeyel karena dorongan eksplorasinya dihalangi orang lain.

Untuk itu fungsi ibu adalah menjelaskan kenapa ia tidak boleh memanjat pagar yang agak tinggi, berlari tanpa melihat jalan dsb. Jangan lupa terus diingatkan, karena anak masih butuh bantuan untuk mengingat mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Selain itu, Ibu bisa memberikan anak kesibukan tertentu (bermain yang melibatkan gerakan/motorik) dan pastikan lingkungannya aman. Dengan demikian anak bisa bereksplorasi secara bebas dan aman, sementara ibu tidak perlu merasa khawatir dan masih tetap bisa berbagi pengasuhan dengan adik bayi.