anak bermain dengan alat kelaminnya

Anak Suka Memegang Alat Kelamin Sendiri

anak bermain dengan alat kelaminnyaTANYA:

Bu, akhir akhir ini putra saya yang berumur 7 tahun, sering saya pergoki memegang alat kelaminnya. Bahkan saya perhatikan dia sering mengunci kamarnya dan diam di dalam. Ketika saya tanya katanya ingin tidur. Namun saya mulai curiga jangan-jangan dia berbuat sesuatu yang mengkhawatirkan. Bagaimana sebaiknya ya, Bu?

Ibu Atmi

 

JAWAB:

Bu Atmi, anak usia 7 tahun, seringkali bertanya karena rasa ingin tahunya begitu besar. Dia juga sedang tertarik dengan topik perbedaan laki-laki dan perempuan. Salah satu cara untuk memenuhi rasa ingin tahunya adalah dengan mengamati, atau bahkan memainkan alat kelaminnya, serta merasakan perubahan yang terjadi. Coba amati, apa yang ia lakukan jika sendirian.

Anak juga biasanya akan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan alat kelamin. Jika anak Anda selama ini tidak pernah menanyakannya, maka ambil waktu berdialog dengannya untuk mengenali alat kelamin dan membahas tentang bagaimana menjaga alat kelamin masing-masing. Jika ada pertanyaan yang diajukan oleh anak, jawablah dengan bahasa yang sederhana (yang bisa dipahami anak) dan singkat saja, tidak perlu bertele-tele.

Jika Anda belum menemukan jawabannya, maka katakan bahwa Anda akan mencari jawaban dari buku atau internet, atau orang yang lebih ahli, dan katakan kapan ia akan mendapatkan jawabannya. Hal ini penting, agar anak tidak mencari tahu sendiri dari sumber yang kadang kurang terpercaya. Situasi ini bisa Anda gunakan untuk mempererat komunikasi dan kepercayaan anak Anda, bahwa ibunya adalah tempat bertanya terpercaya dan juga nyaman.