Anak Suka Berbohong?

… sekolah baru? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu ibu untuk menelusuri apa yang mendasari atau menjadi penyebab munculnya perilaku negatif pada anak saat ini.

Selain itu, bagaimana bila ibu mulai berbicara dari hati ke hati dengan anak dalam situasi yang menyenangkan? Namun, perlu pula diingat untuk menghindari komunikasi yang bernada menuduh atau menyalahkan. Alih-alih akan menyelesaikan persoalan dan menghentikan perilaku negatif, sikap menyalahkan atau menuduh dapat justru membuat anak menjauhi kita dan semakin memupuk perilaku negatif tersebut sebagai bentuk protes atau mencari perhatian. Dalam proses berbicara dari hati ke hati, sampaikan rasa sedih dan kecewa kita karena sikap anak tempo hari. Namun, jangan lupa pula untuk tetap menyampaikan secara terbuka bahwa kita tetap menyayangi mereka dan berharap agar anak tidak lagi melanjutkan perilaku negatif tersebut. Sampaikan pula kepada anak bahwa kita juga dapat menjadi teman terbaik bagi mereka sehaingga mereka tidak perlu ragu untuk menceritakan kesulitan dan keinginan-keinginannya kepada kita.

Selamat mencoba Ibu. Mendampingi anak saat bertumbuh pasti akan menyenangkan karena dilandasi cinta dan harapan tulus untuk segala kebaikan mereka.

 

ilustrasi: freepik.com

Comments

comments

advertisement

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.