cara mudah mengenal diri sendiri-psikologi

5 Langkah Mengenal Diri Sendiri

Pernahkah kamu bertanya, ‘Siapakah aku ini?’ Sebagian dari kamu mungkin pernah, dan sebagian lain mungkin sedang bertanya-tanya saat ini. Sudahkah menemukan jawabannya? Jika belum, barangkali artikel dari KonsultasiPsikologi.icbc-indonesia.org kali ini bisa membantumu untuk mulai mengenal diri sendiri. Eh, ini penting lho. Dengan mengenal diri sendiri, kamu bisa memaksimal potensi dan hal-hal baik tentangmu. Dan menjadi dirimu sendiri, yang sebaik-baiknya dirimu. Mengerti, kan maksudnya… 🙂

Untuk mengenal diri sendiri secara mendalam dan objektif, lakukan langkah-langkah berikut ini dengan jujur. Dalam latihan mandiri seperti ini sangat perlu sikap kejujuran dan keterbukaan. Ingat, kamu ingin mulai lebih baik mengelola dirimu, bukan?

 cara mudah mengenal diri sendiri-psikologi5 Langkah Mengenal Diri Sendiri

1. Ambil sebuah kertas kosong kemudian lipat kertas tersebut menjadi dua bagian.

2. Buka kembali lipatan kertas. Pada sisi kiri kertas: tuliskan minimal 10 kelebihan atau hal-hal positif yang kamu miliki (dapat berupa sikap, karakter, sifat, perilaku, bagian tubuh, atribut yang dimiliki, apapun). Jika kamu dapat menyebutkan lebih dari 10, atau bahkan lebih dari 20, itu akan baik sekali.

3. Pada sisi kanan kertas: tuliskan nilai atau hal negatif tentang dirimu.

4. Setelah menuliskan hal positif maupun negatif tentang dirimu, lihatlah dirimu pada sebuah cermin. Lihat lekat-lekat seluruh dirimu secara perlahan, mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Ulang beberapa kali sampai tidak ada yang terlewat.

5. Sekarang, tuliskan hal-hal positif dari apa yang kamu lihat tersebut (di bawah urutan hal positif, pada kertas sebelumnya). Apabila yang muncul adalah hal negatif, abaikan dulu, dan teruslah mencari hal positif dari yang kamu lihat pada dirimu melalui cermin itu.

Nah, jika kamu telah melakukan kelima langkah di atas dengan serius, kamu telah mulai melakukan refleksi atas identitas, kemampuan, dan apa yang ada dalam dirimu. Semoga kamu semakin mengenal diri sendiri, dan bersahabat dengannya 🙂 (Baca juga: Tetap Tidak Percaya Diri Meski Memiliki Banyak Kelebihan)

About Lucia Peppy Novianti, M.Psi, Psikolog

Adalah seorang psikolog lulusan UGM Yogyakarta, memiliki ketertarikan utama pada psikologi klinis dewasa, terutama kajian mengenai individu, keluarga, dan kehidupan remaja. Selain aktif sebagai pendamping penyintas kekerasan terhadap anak & perempuan, ia terlibat dalam sejumlah penelitian dan aktif menjadi pembicara di berbagai seminar. Sejak 2017, mendirikan Wiloka Workshop Jogja (lengkapnya di laman 'Konselor')

9 thoughts on “5 Langkah Mengenal Diri Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *